Pengen Jual Pulsa Murah dan Bonusnya Luar Biasa Klik Disini

27 May 2009

Pola kain batik basurek khas bengkulu

Mungkin tak semua orang tahu bahwa bengkulu juga mempunyai produk warisab budaya yang berbentuk batik kain batik khas bengkulu itu dikenal dengan nama kain basurek.proses pembuatanya sama dengan proses pembuatan kain batik khas jawa.mamun berbeda dari segi motif maupun warna,motif asli kain basurek yang dikenal sejak ratusan tahun yang lalu bercorak huruf arab gundul.namun terakhir juga dikembangkan dan di campurkan dengan motif bunga raflesia,bunga khas bengkulu.jadi,tidak lengkap rasanya jika kita pergi ke bengkulu tanpa mencari kerajinankain basurek khas bengkulu.pertokoan diwilayah anggut dan penurunan banyak kita temui toko yang menjual kain basurek dan cendera mata khas bengkulu lainnya. Pembuatan kain basurek bias juga dengan teknologi (printing).selain itu juga dengan proses melukis dengan tangan.

proses kerajinan tradisional ini dikerjakan turun temurun dirumah-rumah oleh pengrajin.namun tidak meningkatnya permintaan kain basurek.kegiatan melukis kain basurek dengan tangan semakin jarang dilakukan.hal ini lah yang menyebabkan teknologi cap(printing)berkembamg dengan cepat.sebenarnya upaya ini dilakukan agar bias memasyarakatkan kain basurek,hal ini dikarnakan kain basurek dengan teknologi cap(printing)lebih murah dibandingkan dengan cara ditulis selain itu melalui pengembangan motif diharapkan bisa membuat kain basurek tetap terus populer dalam masyarakat.penggunaan motif huruf arab gundul digunakan hanya untuk memenuhi perspektif seni dan keindahan.jadi,mungkin persis hanya bentuk coretan yang sengaja dimiripkan dengan huruf arab.namun motif tersebut sangat sacral,terutama pada pemakaian upacara-upacara adat seperti acara pernikahan dan kematian.selain itu juga digunakan untuk upacara ziarah dan hiasan kamar pengantin.selain itu kain basurek ukuran kecil juga digunakan sebagai ikat kepala laki-laki yang disebut detar.peralatan yang digunakan untuk membuat kain basurek cukup sederhana,hanya menggunakan meja kecil,panic tempat malam (lilin batik),kompor kecil dan canting.sebelum di batik,pada kain katun atau sutra digambar pola basurek,setelah itu pengerjaan membatik di mulai.setiap potongan kain basurek berukuran 2,25 kali 1 meter.dikerjakan 3-4 hari.waktu yang di butuhkan juga tergantung pada kerumitan pola yang digambar.

1 komentar:

Unknown said...

Dear admin.
Sebaiknya membaca lebih banyak tentang sejarah batik besurek bengkulu sebelum di publish. Karena dengan mempublikasia hal yang keliru akan susah sekali nanti menghapusnya, karena ada kemungkinan nanti informasi yang admin tulis akan di copy oleh rekan rekan lain dari bengkulu.

Setahu saya, dahulu bengkulu tidak punya batik sama sekali, apalgi dengan menyebut batik batik dengan tulisan huruf gundul. Memang di museum ada bbrp helai kain dengan tulisan arab gundul, tapi itupun dipertanyakan asal benar dari bengkulu atau di bawah dari luar.

Dalan sejarah batik dikatakan, kalau batik besurek adalah kerajinan baru diciptakan agar bengkulu mempunyai batik. Motif itu di ambil dari motif kain batik jambi yang memang mempunyai banyak corak huruf arab. Karena jambi sudah memperkenalkan lebih dahulu motifnya, maka jambi tidaklah keberatan bilah motif tulisan arabnya digunakan untuk motif bengkulu.

Agar ada khasnya, agar batik ini di kenal dari bengkulu makan batik besurek biasanya dikenal motifnta terdiri dari dua motif utama, yaitu pola mirip huruf arab dan flora terutama rafflesia.

Nah saat batik ini pertama kali di buat sekitar tahun 80 -90 banyaklah pengrajin di jawa dikirim untuk belajar tehnik membatik. Setelah selesai mereka menerapkan tehnik ini dengan pola huruf arab dan rafflesia yang di kenal dengan motif kain besurek.

Ini terbukti silakan admin mencari kain batik besurek tahun 1940 hingga 1970 tak akan ada batik besurek itu, meski di cari ke museum sekalipun. jadi tak benar kalau budaya batik besurek itu telah berumur ratusan tahun.


Untuk sharing saja, ada baiknya admin memcari bahan bacaan lebih banyak tentang bati ini, agar bisa mengedit tulisannya, sehingga kita orang orang bengkulu bisa menginformasikan ke dunia hal yang benar dan tidak akan menjadi kekeliruan di kemudian harin

Saya senang kini banyak blogger bengkulu yang hadir berkontribusi.
Mari ngeblog terus.

salam

Post a Comment